A.Standar Kompetensi
Memahami sifat – sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya.
B.Kompetensi Dasar
Menghitung luas permukaan dan volume tabung, kerucut dan bola
C.Indikator Pembelajaran
1.Menghitung Luas dan volume tabung
2.Menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan tabung
D.Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menghitung luas dan volume tabung
2. Siswa dapat menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari berkaitan tabung
E.Metode Pembelajaran
Kooperatif menggunakan internet
F.Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan pembelajaran dapat diawali dengan meminta siswa untuk menyebutkan benda-benda yang berbentuk tabung yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Meminta siswa untuk menggambar tabung dan juring-juring tabung didepan kelas.
3.Meminta siswa untuk menghitung luas permukaan dan volume tabung menggunakan bangun-bangun datar yang terdapat di tabung.
4. Untuk memeriksa perhitungan siswa dimeminta siswa untuk melihat video yang berhubungan dengan menghitung luas permukaan dan volume tabung.
Video tersebut berdurasi tiga menit empat belas menit, memberikan info cara mencari luas permukan tabung dan volume tabung.
Setelah mengajak siswa menonton video berkaitan dengan tabung, guru dapat mengajak siswa bermain kuis matematika berkaitan dengan tabung. Dapat ditemukan di ixl.com
dan thatquiz.org
Setelah mempelajari materi perkalian pecahan ini, siswa dapat menguji kemampuannya. Berikut ini soal-soal mengenai tabung klik disini
G. Media dan Sumber Belajar
Bentuk tabung yang terbuat dari karton dan buka pelajaran matematika untuk IX SMP atau dapat didownload disini
0 komentar:
Posting Komentar